Home / berita umum / Warga Mengungsi Sebanyak 110 KK

Warga Mengungsi Sebanyak 110 KK

Warga Mengungsi Sebanyak 110 KK – Warga Dusun Babadan 2, Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang mengungsi dengan mandiri karena erupsi Gunung Merapi, Jumat (1/6/2018) malam. Hingga sekarang ini, masih tetap ada sekitaran 4 Kepala Keluarga (12 jiwa) yang masih tetap bertahan ditempat pengungsian, yaitu di balai desa setempat.

” Jumlah warga yang mengungsi saat erupsi jam 22. 30 WIB menggapai 110 KK atau 370 jiwa. Akan tetapi, jam 00. 45 WIB, beberapa besar pilih kembali pada tempat tinggal semasing serta tersisa 4 KK (12 jiwa) , ” terang Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Sabtu (2/6/2018) .

Dia mengatakan, warga yang masih tetap bertahan di balai desa mengakui masih tetap takut serta trauma dengan penambahan kegiatan Gunung Merapi.

Ada pula yang bertahan karna keadaan kesehatan mereka alami penurunan, lalu takut/trauma. Pada akhirnya mereka pilih bertahan ditempat pengungsian sesaat, ” ungkap Edi.

Berkaitan dengan erupsi yang berlangsung Jumat malam jam 21. 00 WIB, lanjut Edi, ada banyak lokasi di Kabupaten Magelang yang terguyur hujan abu. Yaitu di Kecamatan Sawangan (Desa Ketep serta Desa Banyuroto) , Kecamatan Pakis (Desa Pogalan) , serta Kecamatan Dukun (Desa Sengi) .

” Selama ini, BPBD sudah lakukan kaji cepat, pemantauan, serta pengenalan pada warga berkaitan kegiatan Gunung Merapi. Orang-orang yang tinggal di KRB lll mohon tingkatkan kewaspadaan, andaikata berlangsung perubahan kegiatan yang penting jadi status kegiatan Gunung Merapi bakal selekasnya ditilik kembali, ” jelas Edi.

Seperti yang didapati, Merapi kembali erupsi ke-3 kalinya pada Jumat (1/6/2018) jam 21. 00 WIB dengan amplitudo maximum 29 mm serta kolom letusan 1. 000 mtr. tegak lurus. Waktu 56 detik, teramati dari Pos Babadan.

About admin

Agen Sbobet