Home / berita umum / UU Mengintimidasi Kebebasan Serta Hak Asasi

UU Mengintimidasi Kebebasan Serta Hak Asasi

UU Mengintimidasi Kebebasan Serta Hak Asasi – UU Terorisme yg barusaja disahkan, digugat mahasiswa Fakultas Hukum UI ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka menyebutkan ada ‘pasal karet’ dalam UU itu hingga mengintimidasi kebebasan serta hak asasi.

Ke dua mahasiswa itu merupakan Faisal Alhaq Harahap serta M Raditio Jati Utomo. Mereka menuntut frase di Clausal 1 angka 2 yg berbunyi :

Terorisme merupakan perbuatan yg memanfaatkan kekerasan atau ancaman kekerasan yg menyebabkan kondisi teror atau perasaan takut dengan cara meluas, yang bisa menyebabkan korban yg punya sifat massal, dan/atau menyebabkan rusaknya atau kehancuran pada objek krusial yg strategis, lingkungan hidup, layanan publik, atau layanan internasional dengan motif ideologi, politik, atau problem keamanan.

Mereka mengharap biar arti clausal diatas dihapus.

” Menjelaskan frase ‘dengan motif ideologi, politik, atau problem keamanan’ tak miliki hukum mengikat, ” kata penggugat sama seperti dilansir dari situs MK, Selasa (4/9/2018).

Ke dua aktivis HMI itu menilainya arti frase diatas multitafsir. Sebab sama dengan membatasi ‘mencuri makanan merupakan perbuatan yg dilaksanakan dengan motif kelaparan’. Yg manakah seorang tak kan dijelaskan mengambil makanan seandainya tak punyai motif kelaparan.

” Arti ini tak berikan perlindungan hukum yg adil dalam mengerjakan perbuatan. Mungkin ada motif beda yg beraneka ragam serta kemungkinannya kecil untuk aparat penegak hukum tunjukkan motif seorang mengerjakan suatu hal perbuatan, sebab cuma orang itu yg paham motifnya yg sesungguhnya, ” kata kedua-duanya dalam berkas tuntutan.

Mereka memberi contoh perkara bom yg berlangsung di Mal Alam Sutera. Pemeran memiliki tujuan biar dirinya sendiri dapatkan beberapa uang atau motif ekonomi.

” Karena itu, arti terorisme dalam clausal a quo bisa bikin seorang teroris membela dirinya sendiri bukan teroris sebab aparat penegak hukum tak bisa tunjukkan motif yg dimilikinya, ” katanya.

About admin

Agen Sbobet