Modern technology gives us many things.

Pemeranan Wayang Guru Besar ISI Oleh Jokowi

Pemeranan Wayang Guru Besar ISI Oleh Jokowi – Presiden Joko Widodo mengadakan pagelaran wayang kulit berlakon ‘Kresno Jumeneng Ratu’ malam hari ini. Guru besar seni pementasan serta pewayangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Prof Soetarno, menyebutkan jika wayang memang sarat dengan pesan, baik terbersit atau tersurat.

“Pokok dari atraksi wayang ialah terdapatnya pesan yang dikatakan, baik terbersit atau tersurat. Bisa jadi diambil lakon itu sebab Pak Jokowi akan dilantik kembali, atau mungkin saja pesan lain,” kata Soetarno waktu didapati di rumah tinggalnya, Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Jumat (2/8/2019).

Dari bagian lakon, Soetarno menerangkan jika judul itu adalah kreasi dari dalang. Karena dalam babon atau pakemnya, tidak diketemukan lakon ‘Kresno Jumeneng Ratu’.

“Jika ‘Kresno Pujangga’ ada lakonnya. Tetapi memang bersamaan perubahan jaman, lakon-lakon itu terus berkembang, bisa disebabkan pesanan penanggap, sesuai kondisi politik, atau kreatifitas dalang tersebut,” tutur ia.

Kresno adalah tokoh pewayangan yang dipercaya jadi titisan Dewa Wisnu, yaitu dewa pemelihara. Bila lambang Kresno diperuntukkan untuk Jokowi, Soetarno memandang hal tersebut adalah keinginan supaya presiden dapat jadi pemelihara kehidupan berbangsa serta bernegara.

“Kresno ini dapat disebutkan tokoh yang paling sakti, sebab dapat hidupkan orang mati. Maknanya, pemimpin harus dapat memberikan penghidupan, memberikan lapangan pekerjaan, dan lain-lain,” kata Soetarno yang sudah pernah memegang jadi Rektor ISI Surakarta 2006-2008 itu.

Kresno adalah tokoh yang mempunyai karakter komplet. Delapan karakter atau hastabrata ada pada dianya, dari mulai karakter matahari, bulan, bintang sampai bumi.

“Matahari itu lambang menghidupi, bulan itu pencerahan, bintang itu contoh, api itu selesai dalam mengakhiri masalah, bumi itu jujur, laut mempunyai daya muat ataukah tidak antikritik, angin itu kesejukan, lalu mendung itu wibawa,” tuturnya.

Dalam narasi Mahabarata, Kresno diketahui jadi panglima perang yang bersama Pandawa Lima lakoni perang Baratayudha. Tidak hanya mempunyai senjata-senjata ampuh, ia seseorang pakar taktik perang yang sakti mandraguna.

“Mungkin memang lakon Kresno diambil sebab ialah tokoh yang paling komplet. Belumlah ada lakon yang bercerita Kresno gugur,” kata dosen yang mengajar di UNS serta UGM itu.

Menurut jadwal sah, ini hari, Jumat (2/8), Istana Kepresidenan akan mengadakan acara wayang kulit di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada jam 19.30 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan ada untuk melihat acara dengan cara langsung.

Dalang dalam pagelaran wayang kulit ‘Kresna Jumeneng Ratu’ ini ialah Ki Manteb Sudarsono. Diluar itu, acara akan disemarakkan oleh Didi Kempot, Butet Kertaradjasa, sampai Cak Lontong.