Home / Berita Bola / Mahalnya Hak Siar Liga Inggris Di Balik Pemecatan Helmy Yahya

Mahalnya Hak Siar Liga Inggris Di Balik Pemecatan Helmy Yahya

Mahalnya Hak Siar Liga Inggris Di Balik Pemecatan Helmy Yahya – Liga Inggris jadi salah satunya masalah di balik pemecatan Helmy Yahya jadi Dirut TVRI. Siaran Premier League disebutkan tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

Dewan Pengawas (Dewas)TVRI sudah mengeluarkan Helmy Yahya dari urutan Dirut LPP TVRI. Helmy disebutkan tidak memberi keterangan tentang tayangan memiliki biaya besar seumpama acara laga Liga Inggris.

Bukan sekedar masalah ongkos pembelian hak siar yang tidak disibak Helmy, siaran asing seperti Liga Inggris serta program Discovery Kanal dipandang berlawanan dengan pekerjaan inti serta peranan (tupoksi) TVRI jadi stasiun tv publik.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, Arief Hidayat Thamrin, waktu rapat dengar opini dengan Komisi I di kompleks MPR/DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020). Menurut dia, ada uang negara yang besar dibelanjakan ke luar untuk beli siaran seumpama Liga Inggris.

Tupoksi TVRI sesuai dengan visi-misi TVRI ialah TV publik. Kami bukan swasta, jadi yang paling penting ialah edukasi, jati diri, media pemersatu bangsa. Prioritasnya semacam itu,” tutur Arief seperti dikabarkan detikNews.

“Realisasinya saat ini kita tonton Liga Inggris, kemungkinan banyak yang menyukai. Discovery Kanal kita tonton buaya di Afrika, walau sebenarnya buaya di Indonesia mungkin semakin lebih baik,” Arief memberikan tambahan.

“Selanjutnya tayangan film asing lumayan banyak, ada yang bayar, ada yang gratis. Seakan-akan direksi memburu rating serta sharing seperti TV swasta serta kita ada APBN harus bayar berbentuk bayar ke luar negeri berbentuk, ini BWF, Discovery, serta Liga Inggris.”

Berarti uang rupiah kita APBN dibelanjakan ke luar yang Presiden mengatakan dibatasi serta ini berlangsung,” kata Arief.

Sudah diketahui, TVRI memang beli tayangan Liga Inggris dari pemilik hak siar di Indonesia, Mola TV. Stasiun tv punya negara itu dikasih hak menyiarkan dua laga langsung Premier League selama akhir minggu di jam-jam khusus.

Siaran hak siar Liga Inggris memang dikatakan sebagai yang termahal antara persaingan liga di Eropa yang lain. Mencuplik AP, keseluruhan harga hak siar Premier League sampai 9,2 miliar paun (Rp 164 triliun), atau 4,2 miliar paun (Rp 6,37 triliun) untuk internasional.

About penulis77

Agen Sbobet